Pembelajaran Matematika di Era pandemic melalui kegiatan pembiasaan di rumah (Oleh Heni Purwitri, S.Pd.)

 

sumber : kompas.com

        Di era pandemi ini, berbagai segi kehidupan dihadapkan pada sesuatu yang tanpa kita duga. Semua berlomba untuk beradaptasi dengan kondisi terbaru saat ini. Hal serupa dirasakan oleh para penggiat Pendidikan. Mulai dari kalangan guru, siswa maupun institusi Pendidikan.

         Perubahan sistem pembelajaran yang membatasi kegiatan tatap muka mendorong para praktisi Pendidikan untuk membuat terobosan yang mampu mempertahankan proses kegiatan belajar mengajar berjalan lancer sebagaimana kondisi normal.

      Dalam menghadapi era normal baru tentunya semua pihak perlu bekerja sama satu sama lain agar peserta didik tetap melaksanakan pembelajaran yang bermakna sebagaimana mestinya dengan memanfaatkan gawai atau teknoogi yang ada saat ini tentunya yang dirasa aman dan mudah diterapkan oleh para peserta didik.

       Dengan banyaknya kegiatan belajar di rumah, peserta didik sangat bergantung dengan kegiatan keseharian di rumah. Agar pembelajaran matematika tetap dirasa menyenangkan, kita dapat mengenalkan konsep satuan berat dan mata uang dengan bahan yang dapat kita temukan dirumah.

    Misalnya, pembelajaran matematika untuk membuat bala-bala sebagai makanan keseharian sehari-hari. Bahan-bahan yang diperlukan ½  kg terigu, 250 gram wortel, 300  gram kol, 100 ons tauge.  Peserta didik dapat menghitung konsep penambahan dan konversi satuan berat kg, gram dan ons. Di samping mengenalkan tentang satuan panjang  dengan kegiatan menyenangkan misalnya meminta peserta didik untuk senantiasa berolahraga setiap hari dengan berlari pagi atau bersepeda. Siswa diminta untuk mencatat waktu saat ia berangkat terlebih dahulu (tuliskan jam dan menitnya pkl 07.00), kemudian berlari sejauh perjalanan yang berhasil ditempuh (misalnya 10 km), setelah menempuh perjalanan, siswa melihat Kembali waktu saat tiba ditempat tujuan (misalnya 08.30). Selanjutnya, siswa dapat menghitung kecepatan yang berhasil ia tempuh kala berlari atau bersepeda. Dengan menggunakan rumus kecepatan ( v (kecepatan) = jarak tempuh (s) : t(waktu)). Siswa dapat pula menghitung perbandingan, kecepatan pada saat berlari dengan saat menggunakan sepeda).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama