Soal-soal ujian Madrasah ala pandemi memudahkan peserta didik dalam Ujian madrasah

 

Oleh : Heni Purwitri, S.Pd.


Pelaksanaan Ujian Madrasah menggunakan aplikasi google form

Setahun berlalu tanpa terasa. Siswa kelas VI telah melaksanakan ujian madrasah pada tanggal 29 maret – 5 April 2021. Setahun belajar lebih banyak menggunakan sistem daring dialami oleh siswa kelas 6 angkatan 2020/2021. Hal ini menjadi tantangan besar bagi peserta didik maupun guru, bagaimana Ananda tetap bisa mengerjakan soal ujian madrasah. Dengan penjelasan yang terbatas diharapkan peserta didik tidak luntur semangatnya dalam mengerjakan soal Ujian.

Dengan menggunakan aplikasi Google form, memberikan kemudahan peserta diidk untuk mengerjakan soal ujian madrasah yang semuanya berbentuk pilihan ganda. Meski Ananda telah mahir mengerjakan soal dengan aplikasi google form, namun tetap saja berbeda dengan masa ujian madrasah terdahulu dengan menggunakan kertas. Paper less tidak selalu memberikan kemudahan bagi siswa membaca soal-soal yang ada. Dengan menggunakan layer HP seadanya, peserta didik harus terbiasa membaca soal dengan hati-hati dan seksama.

Tentunya soal -soal ujian madrasah ala pandemi ini berbeda dengan soal ujian madrasah sebelumnya. Tingkat kesukarannya pun jauh berbeda. Peserta didik bisa mengikuti ujian madrasah saja sudah menjadi apresiasi tersendiri. Perlu diketahui juga, bahwa tidak semua peserta didik memiliki gadget. Diantaranya masih memilki kendala dalam pemenuhan kuota dan sinyal yang terbatas.

pengawasan saat ujian madrasah

Maklum, itulah kata yang seringkali tersemat pada masa ini. Harapan-harapan peserta didik untuk dapat memenuhi kompetensi dasar yang diharapkan tentunya tidak bisa kita samakan dengan perjuangan di masa lalu. Silabus dan RPP ala pandemi diciptakan untuk menyesuaikan kebutuhan yang ada. Namun, alhamdulillah pelaksanaan ujian madrasah kemarin dapat berjalan dengan lancar dan diikuti oleh seluruh siswa. Meskipun siswa mengerjakannya dengan mengggunakan google form, mereka tetap wajib hadir ke sekolah dan mengerjakannya di depan para guru sebagai pengawas ujian untuk tetap menjunjung tinggi kejujuran dan kemandirian di antara siswa.

 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama