Pelaksanaan TRY OUT AKM kelas 5 MIN 1 Kota Tasikmalaya dari Penerbit Erlangga

 Oleh : Heni Purwitri, S.Pd.




Pada hari Jumat, 24 September 2021, Siswa Kelas 5 MIN 1 Kota Tasikmalaya melaksanakan kegiatan TRY OUT atau latihan soal AKM. Peserta yang mengikuti adalah siswa kelas 5A, 5B dan 5C.

Setiap siswa mendapatkan nomor token masing-masing dan wajib mengisikan keterangan pribadi, alamat email dan password. TRY OUT AKM ini sangat bermanfaat bagi siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yang serentak akan dilaksanakan pada awal bulan November nanti dan peserta yang terpilih hanya 30 siswa secara acak. Meskipun AKM nanti tidak diikuti oleh seluruh siswa kelas 5, namun seluruh siswa kelas 5 tetap memperoleh pengalaman yang berharga selama mengikuti TRY OUT tadi.

 




Semua siswa kelas 5 mulai mengenal soal-soal dan gambaran umum bentuk soal yang akan diberikan pada pelaksanaan AKM Sesungguhnya. Siswa pada awalnya memiliki kendala karena berulangkali harus melakukan proses pendaftaran akun dan memasukkan email serta password. Pelaksanaan TRY OUT ini cukup menggunakan gawai android dengan soal berjumlah 30 soal saja. Bentuk soalnya berupa pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian, dan uraian. Waktu yang diperlukan sekitar 90 menit. 

Setelah siswa menyelesaikan semua soal. Siswa dapat menekan tombol selesai dan submit jawaban. Tak berapa lama, maka dapat diketahui berapa soal yang benar dan berapa soal yang salah. 

Hasil TRY OUT ini bisa menjadi bahan evaluasi bagi guru maupun siswa untuk pelaksanaan dan strategi berikutnya dalam menghadapi AKM yang sebenarnya. AKM sendiri adalah bagian dari ANBK. Dalam prosesnya, ANBK ini tidak hanya diujikan kepada siswa, namun juga guru yang akan mengerjakan survey lingkungan belajar. Pada pelaksanaannya nanti, selain soal AKM, siswa juga harus mengerjakan survey karakter sekitar 20 menit setelah tuntas menyelesaikan seluruh soal AKM.


Semoga rangkaian pelaksanaan ANBK nanti dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala berarti. Tentunya menjadi harapan bersama, ANBK ini akan menjadi landasan bagi tiap satuan pendidikan untuk selalu memperbaiki kualitas pembelajaran dan sebagai akar upaya peningkatan kualitas pendidikan Indonesia di masa depan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama